Penyesalan yang Sia-sia

0
182

Akan ada satu masa nantinya.
Dan itu adalah sebuah keniscayaan yang PASTI akan terjadi,
yaitu ketika kita telah berpindah dari dunia ini menuju ke fase kehidupan selanjutnya, yaitu akhirat.

Yang mana semua manusia akan menyesali dirinya.
Tentang banyaknya waktu yang dia buang percuma tanpa melakukan kebaikan bahkan diisi dengan kesia-siaan terlebih lagi maksiat.
Manusia pada saat itu bahkan meminta kepada Allah untuk dikembalikan ke dunia.

Anda tahu untuk apa?
Apakah untuk mengumpulkan harta kembali? Tidak!!!
Apakah untuk memperindah rumah mewahnya lagi? Tidak!
Lantas, untuk apa manusia pada saat itu minta kepada Allah?

Ternyata, mereka minta kepada Allah agar dikembalikan ke dunia untuk melakukan amalan sholeh, ibadah dan kebaikan.
Allah Azza wa Jalla berfirman dalam Al-Qur’an Surah al-Mu’minun ayat 99-100:

حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ (99) لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (100)

Artinya:
Hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku, kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang shaleh terhadap yang telah aku tinggalkan,  Sekali-kali tidak! Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan­nya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.”

Bahkan, yang lebih mengerikan lagi adalah keadaan orang-orang kafir dan pelaku maksiat yang telah dimasukkan ke dalam neraka dan merasakan siksaan yang pedih di dalamnya. Mereka memohon kepada Allah agar diringankan azabnya SEHARI saja, mereka bukan minta sebulan, setahun atau selamanya, tetapi sehari saja. Itu menggambarkan betapa pedih siksaan yang mereka rasakan di dalam neraka. Allah menceritakan di dalam Al-Qur’an Surah Gafir ayat 49:

وَقَالَ الَّذِينَ فِي النَّارِ لِخَزَنَةِ جَهَنَّمَ ادْعُوا رَبَّكُمْ يُخَفِّفْ عَنَّا يَوْمًا مِّنَ الْعَذَاب

“Dan berkatalah pula orang-orang yang ada dalam neraka kepada malaikat-malaikat penjaga neraka Jahanam: ‘Mohonkanlah kepada Tuhan kamu, supaya Dia meringankan sedikit azab siksa dari kami, barang sehari’.”

Namun, Allah menjawab permohonan mereka di dalam ayat yang lain, surah az-Zukhruf ayat 75:

لَا يُفَتَّرُ عَنْهُمْ وَهُمْ فِيهِ مُبْلِسُونَ

Artinya:
“Tidak diringankan azab itu dari mereka dan mereka di dalamnya berputus asa.”

Demikianlah beberapa gambaran penyesalan semua manusia di akhirat kelak. Sedangkan penduduk surga saja menyesal, mengapa mereka sedikit beramal? Terlebih lagi penduduk neraka, mereka menyesal mengapa tidak beriman kepada Allah, banyak melakukan kemaksiatan dan kelalaian, dan seterusnya?!

Olehnya, gunakan sisa umur Anda di dunia ini untuk melakukan kebaikan dan amalan sholeh dan menjauhi maksiat serta banyak bertaubat kepada Allah atas dosa di masa lalu. Jangan sampai waktu kita hanya habis untuk mencari dunia, harta, jabatan, dan harta duniawi lainnya!

Gunakan kesempatan ini, sebelum datang hari penyesalan di akhirat nanti, penyesalan yang sudah tidak berguna lagi.

Semoga Allah memberikan kita semua taufik dan kemudahan untuk beribadah kepada-Nya dan menggunakan setiap waktu kita untuk menyiapkan bekal amal soleh bertemu dengan-Nya di akhirat kelak.

Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2019 M

Syahrul Bardin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here